Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 29 Juni 2013

Tanda-tanda Kematian Menurut Al-Quran dan Hadist

Belakangan ini saya sering merasa gelisah entah kenapa? mungkin karena saya pernah membaca share yang saya dapat dari teman saya mengenai kematian dan tanda2 kematian...
saya pun search sumber yang sekiranya penjelasan tentang tanda kematian itu bersumber dari Al-Quran dan Hadits ..
dan penjelasan tentang tanda kematian dari blog pesantren AL-QOIROT jawa timur
mudah-mudahan penjelasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya

Apakah tanda-tanda kematian yang biasanya ada di artikel internet itu benar adanya, dan adakah sumbernya?


PERTANYAAN

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Saya ingin bertanya, apakah tanda-tanda kematian yang biasanya ada di artikel internet itu benar adanya, dan adakah sumbernya?

Sebab gara-gara saya membaca artikel tersebut, saya menjadi ketakutan, bagaimana cara untuk menghilangkan rasa takut tersebut?

mohon penjelasan dan solusinya


Pertanyaan diajukan oleh Syarif melalui kotak komentar di Konsultasi Agama Islam

DAFTAR ISI

  1. Penulis Artikel Tanda Kematian Tidak Bertanggung Jawab
  2. Tidak Ada yang Tahu Waktu Mati Kecuali Allah
  3. Tanda-tanda Kematian dalam Islam
  4. Kesimpulan
  5. Tanda Kematian Membuat Galau
JAWABAN

Tanda kematian yang dimaksud oleh penanya adalah sebagai berikut:

Tanda 40 hari Sebelum Meninggal :

Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu Ashar, bahagian pusat kita akan berdenyut-denyut pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya diatas arash ALLAH SWT, maka malaikat
maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediaannya ke atas kita, antaranya ialah ia akan mulai mengikuti kita sepanjang masa

Tanda 7 Hari Sebelum Meninggal:
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesaktian dimana orang sakit yang tidak makan, secara tiba-tiba ia berselera untuk makan…

Tanda 3 Hari Sebelum Meninggal :

Pada ketika ini akan terasa denyutan di bahgian tengah dahi kita yaitu diantara dahi kanan dan kiri, jika tanda ini dapat dikesan maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandungi banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti.

Tanda 1 Hari Sebelum Meninggal :

Akan berlaku sesudah Ashar ketika kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di kawasan ubun-ubun dimana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu ashar keesokan harinya.[1]

JAWABAN:

PENULIS ARTIKEL TANDA KEMATIAN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

Pembuat artikel di atas adalah orang misterius karena tidak menyebut identitas dirinya. Dan yang lebih penting lagi, tidak menyebut dasar dalil sumber tulisannya. Sehingga, mengomentari tulisannya pada dasarnya agak membung-bung waktu percuma. Namun, karena pernyataan tersebut cukup memengaruhi sebagian pembacanya, maka saya ingin memberi sedikit respons sebagai berikut:

KEMATIAN ADALAH KEHARUSAN TAPI TIDAK ADA YANG TAHU WAKTUNYA KECUALI ALLAH

1. Kematian adalah hal penting. Tak kurang dari 145 ayat dalam Al Qur'an yang menyebut atau membahas masalah kematian. Tentang waktu kematian adalah rahasia Allah semata. Tidak ada yang tahu kapan, di mana dan bagaimana seseorang akan mati. Karena kematian menyangkut terpisahnya ruh dengan badan. Dan tidak ada yang tahu banyak tentang soal ruh kecuali Allah. Allah berfirman:


وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً

Artinya: Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, "Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit." (QS Al Isra' 17:85)

2. Allah hanya memberi konfirmasi bahwa kematian itu ada dan kerena itu mengingatkan manusia bahwa kematian dapat datang kepada kita sewaktu-waktu dan tidak akan dapat dihindari. Allah berfirman:

أَيْنَمَا تَكُونُواْ يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ

Artinya: Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh(QS An Nisa 4:78)

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ
Artinya: Katakanlah, "Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu. (Al Jum'ah 62:8)

TANDA-TANDA KEMATIAN

Dari 145 ayat Al Quran yang menyebut tentang kematian, tidak ada satupun yang membahas tentang tanda-tanda orang yang akan mati apalagi tanda itu dimulai sejak 40 hari sebelumnya.

Adapun dalil Quran dan hadits yang menyinggung tanda-tanda orang yang akan meninggal adalah saat seseorang dalam kondisi sekarat (sakaratul maut) atau di ambang kematian. Haditsnya adalah sebagai berikut:

1. Terpejamnya mata:

دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم على أبي سلمة وقد شَخَص بصره وأغمضه ثم قال : { إن الروح إذا قبض تبعه البصر

Artinya: Rasulullah memasuki rumah Abu Salmah dan menutup mata Abu Salmah kemudian berkata, "Sesungguhnya roh itu apabila tertahan [maksudnya meninggal] maka ia diikuti oleh mata."

2. Bertautnya betis. Allah berfirman:

والتفَّتْ الساق بالساق

Artinya: Dan bertaut betis (kiri) dan betis (ksnsnz) (QS Al Qiyamah 75:29).

KESIMPULAN

Artikel tentang tanda-tanda kematian yang ada di internet adalah tidak berdasar dan tidak ada dalil yang mendukung baik dari Al Quran dan Hadits Nabi. Padahal, hanya kedua sumber itulah yang patut dan bisa dijadikan rujukan untuk masalah yang ghaib.

Kalau ada pendapat yang menyangkut masalah ghaib yang tidak bersumber dari Quran dan hadits Nabi, maka pendapat itu kemungkinan didapat dari hasil mimpi atau bisikan jin atau setan. Yang semuanya cenderung menyesatkan dan tak layak dipercaya.

Seorang muslim yang ingin memperbaiki dirinya hendaknya mencukupkan diri pada nasihat langsung dari Quran dan Hadits sahih atau dari pendapat ulama yang berdasarkan pada kedua sumber utama Islam tersebut.

__________________________________________________


ARTIKEL TANDA KEMATIAN MEMBUAT GALAU (TIDAK TENANG)

asalamualaikum..
Bagaimana kita nak tahu apa yang terjadi pada kita adalah tanda kematian. contoh mcm bergetar tubuh katakan kaki rasa mcm menyucuk-nyusuk, berdenyut,kepala berdenyut,kaki sejuk, itu adalah tanda kematian ke?

Bagaimana kita nak tahu yang kita terlihat itu malaikat maut atau tidak seperti yang ada pada tulisan alifiansyah.wordpress 2011/11/18.bagaimana kita nak tahu yang itu malaikat maut?

Kalau macam kita terasa macam ada sesuatu mengikut kita,kemudian terasa macam ada orang dibelakang kita dan nampak kelibat pakaian putih tak sampai 1 saat di belakang kita kemudian hilang cam tu saja.adakah itu malaikat maut?
mohon beri penjelasan kerana sedikit sebanyak mengganggu hidup seperti tiada mood langsung dan rasa seperti dah hendak tinggalkan dunia.Adakah benar begitu?
Fazlina Lee

JAWABAN

Seperti yang disebut dalam penjelasan di atas, bahwa tanda kematian yang Anda baca melalui internet adalah bohong dan tidak benar. Tidak ada satupun manusia yang tahu kapan kematian akan datang. Karena itu, fokuslah kepada usaha untuk berbuat baik sesuai dengan perintah dan ajaran Islam dan jauhi perilaku yang dilarang oleh agama. Apabila Anda memiliki dosa di masa lalu, maka bertaubatlah dengan taubat nasuha. Insyaallah hidup Anda akan tenang di dunia dan akhirat.

===============

51 komentar:

  1. Ya bnr sekali
    Bwt zenith.@krudungx manis lanjutin hijabx amiinn

    BalasHapus
  2. Ya Benar Sekali Admin (y)

    share yech..?

    BalasHapus
  3. betul tuh min, mana mungkin kita tahu tanda2 kematian, malaikat izrail aja gk kliatan di mata, ini lebih parah ngira2 kaya dukun tuh yg buat tanda2 kematian, smoga muslim tdak trtipu atas masalah ini, amiin

    BalasHapus
  4. Subhanallah selama ini selalu brtanya2 ,,, adakah kebenaran atas soal ini,,, sebab sya slalu merasakan tanda2 itu

    BalasHapus
  5. Smoga Alloh mmbukaan pintu taubat sblm kmatian mnjemput.... amin

    BalasHapus
  6. setuju sekali!!
    Hukum islam atau kepercayaan islam memang harus berdasarkan pada Qur'an dan Hadist semata,
    good min ;)

    BalasHapus
  7. Semoga yang buat berita kayak gtu tentang tanda kematian mendapat balasannya... amin.... kematian itu rahasia Allah dan hanya Allah yang tahu....

    BalasHapus
  8. yah kematian adalah rahasia allah swt yang penting perbanyaklah amal ibadah dan bertaubatlah....!!!!!

    BalasHapus
  9. mungkin dia asal kali buatnya..
    buat yang bikin artikel tanda tanda kematian,,sebaik nya pahami ayat ayat allah dengan cara yang baik..dosa besar itu orang yang nyimpang dari kebenaran.

    BalasHapus
  10. Ini bener gak sih,,,?
    Soalx sya slalu dihantui rasa takut Krna sdah terlanjur membaca artikel tentang tanda2 kematian itu,,,
    Sya merasa bahwa sya pram merasakan tanda2 tsb,,,

    BalasHapus
  11. Saya juga akhir2 ini sering kepikiran ttg kematian. Dan saya searching2 tanda2nya ada menggigil, kejang otot dll. Nah 3 hari ini saya merasa menggigil sehabis mandi dan ac kamar saya memang menyala, sehabis makan es krim di rooftop jg saya merasa menggigil. Apakah itu menggigil sbg suatu pertanda kematian? Memang sih pasti semua umat akan menghadap padaNya. Saya bukannya takut cuman saya merasa blm siap saja karna saya blm bisa membahagiakan kedua orgtua saya dan kakak saya dan saya jg merasa msh banyak dosa. Namun saya selalu beribadah padaNya. Mohon balasannya yah, saya butuh renungannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih ktanya klo 0usar greak2 ntu tanda juga pusar ku juga gerak2 waktu malam sih :(

      Hapus
    2. Sama saya juga 4 hari lalu ada denyutan di bagian pusar, sampe hari ini saya jadi kepikiran terus:(

      Hapus
    3. Trus apah yang anda rasakan hingga saat ini

      Hapus
  12. Kita wajib percaya kematian.tapi siapa yg tau akan mati.mungkin dia pernah mati.ingat kita harus yakin dengan Al QUR'AN and HADIST SHOHIH ROSULLULOH SAW.semoga kita selalu mempersiapkan bekal yg bakal kita bawa untuk menghadapi kehidupan setelah kematian.abadi and selama2 nya.yaitu dengan cara selalu BERTAQWA kepada ALLOH SWT

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Sama gara2 baca iku aq jg ketakutan sendiri.. Ada bdnku serasa bergetar juga.. Paa baru tidur pas waktu ashar juga.. Tp seharian setelah itu bdnku sering agak bergetar klo pas mau tdr... Kayk kesemutan gt...

      Hapus
    2. Sekarang masih lagi rasa mengigil ke?
      Atau sudah sembuh?

      Hapus
  14. Makasih, cuma saya masih sedikit takut.. karna kematian itu adalah hal yang tidak kita ketahui.. saya merasakan tanda tanda kematian yang 100 hati, 40 hari, 7 hari dst.. apa yang harus saya lakukan dan bagaimana cara saya menyikapinya...

    Trrimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sekarang kamu masih lagi rasa begitu ke?

      Hapus
  15. Yang jelas bahwa setiap panggilan Alloh atas kematian seseorang telah dikirimkn dari Arsy 3 tahun sebelumnya , kemudian lebih dekat lagi setahun sebelumnya kalau belum paham maka 100 hari sebelum ajal menjemput dan lwbih dekat lagi 40 hari sampai beberapa hari dengan maksud agar manusia itu menyiapkan ajalnya dengan baik, ibarat lampu teplok kehabisan minyak mesti ada tanda nya mengalami mbleret nyala apinya lama lama mati nah itu semoga bisa diambil hikmahnya ......aaamiiin ( ini juga hanya ilmu kira kira)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hukum hakam Allah tiada ilmu kira kira. semua sudah termaktub didalam alquran dan hadis. semua sudah tertulis. Then,kenapa Allah cakap Al quran itu petunjuk umat islam? kenapa Allah tak cakap ada fahaman selain dari al quran dan hadith? kenapa allah suruh kita ikut apa tertulis dalam alquran? sebab dalam al quran telah lengkap. Kecuali kalau nabi pernah bersabda tentang benda ni,baru boleh diikut.

      Hapus
  16. Yang jelas bahwa setiap panggilan Alloh atas kematian seseorang telah dikirimkn dari Arsy 3 tahun sebelumnya , kemudian lebih dekat lagi setahun sebelumnya kalau belum paham maka 100 hari sebelum ajal menjemput dan lwbih dekat lagi 40 hari sampai beberapa hari dengan maksud agar manusia itu menyiapkan ajalnya dengan baik, ibarat lampu teplok kehabisan minyak mesti ada tanda nya mengalami mbleret nyala apinya lama lama mati nah itu semoga bisa diambil hikmahnya ......aaamiiin ( ini juga hanya ilmu kira kira)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumber nya dr mana ni antum berendapat begitu?

      Hapus
  17. alhamdulillah..terjwb persoalan nyer..

    BalasHapus
  18. coba di kaji ayat ini (2:180) Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu-bapak dan karib kerabatnya secara ma’ruf, (ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertakwa. Biasanya penjelasa yg ada di Al-qur'an ada di Hadits . . kamana ya haditsnya tentang Tanda2 Kematian . . yang tersisa hanya hadits tentang hukum waris . .

    BalasHapus
  19. Trs skrng apa yg kalian rasakan stlh denyutan d pusar apa yg kalian lakukan menghadapi ketakutan itu

    BalasHapus
  20. Kalau hati merasa takut tak menentu itu tanda2 apa ya

    BalasHapus
  21. Assalaamu'alaikum.Wr.Wb....Untuk Zenith Kyu dan kita semua ketahui...banyak ilmu/rahasia Alloh yg tidak tertulis dlm Al Qur'an dan Hadist, seperti ttg ruh (.."Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit."), begitu jg ttg rahasia2 lainnya. Tapi orang2 tertentu (pilihan), seperti nabi, rasul, orang sholeh dan aulia Alloh mau membuka rahasiNya, dari mrk lah kita dpt memahaminya. Begitu juga ttg tanda2 ruh yg akan meninggalkan tubuhnya, apakah Alloh membuka rahasia itu kpd orang2 pilihannya?...carilah jawabannya kpd orang2 sholeh (bukan dukun/tabib atau paranormal). Tidak akan Zenith Kyu temukan dlm sebuah konteks atau cendikiawan kontekstual, tidak cukup hanya memahami syariatnya, harus didalami lebih lanjut lagi. Jangan mudah menyalahkan (karna itu adalah cerminan hatimu)

    BalasHapus
  22. Bahkan berita tanda2 100hari menjelang kematian itu telah dimuat di tribunnews, sumsel 22 juni 2015.. Yang bikin kita galau itu karena disebutkan dikutip dari catatan ustadz yusuf mansyur..

    BalasHapus
  23. semoga Allah beri hukuman setimpa buat insan yg sengaja menyebarkan pengetahuan kurang jelas ini. Sebabkan artikel ini,ramai menjadi takut,kononnya dan2 lepas baca terus dapat rasa benda tu semua. Sedangkan artikel ni lah yang memesongkan minda dan membuat satu mind set yg sgt kuat smpai kita hidup dalam ketakutan yg kurang jelas sebabnya.Hinggakan ada yg kena anxiety disorder disebabkan benda ni. tolonglah. sebelum nak sebar something,selidik dulu. Jangan berlagak tahu segala sampai membenarkan apa yg kurang jelas. Bisa jadi fitnah kok. Ramai penceramah cakap tanda ini tak sahih,dan kalau sampai menakutkan seseorang tu sampai mengganggu rutin hidup mereka,itu semua mainan syaitan.Syaitan suka lah manusia sentiasa ketakutan,huru hara sampai takut tk terkata. Tolonglah teman2. Tolong jgn sebarkan benda macam ni. Saya da 2 tahun anxiety disorder disebabkan benda macam ni. Just sebab artikel ni,seluruh hidup saya berubah,saya tak bersemangat macam dulu,sentiasa takut,gelisah tak bersebab,makin kurus. Nak ke orang kita semua dalam keadaan saya? Mungkin bagi yg kuat semangat,untung sgt sbb tak effect mereka. Tapi bagi org yg mcm saya? yg lemah smangat mcm saya? Tak semudah itu bagi kami yg lemah semangat untuk melupakan benda macam ni.Mohon Allah bagi petunjuk kepada individu yang mereka reka artikel tersebut.Wallahualam. ini email saya adusoy@gmail.com. sesiapa yg ada masalah yg sama dengan saya,boleh email saya. Dengan senang hati. Boleh kongsi pengalaman masing2.

    BalasHapus
  24. Orang muslim diwajibkan percaya akan Qur'an dan sunnah,tidak untuk selainnya.Maka tersesatlah orang yg mengaku2 sbg orang pilihan,mereka tak menyadari dan tak faham betul antara bisikan jin dan syetan yg begitu lihai menggoda iman seseorang,ingatlah segala macam perbuatan akan dicatat malaikat,dan akan dipertanggungjawabkan.Dan bagi mereka yg dengan sengaja mencari2,menggali tentang rahasia Allah,maka selama hidupnya akan berurusan tentang dunia jin dan syetan!apakah ini yg dinamakan orang pilihan?...azab Allah sangatlah pedih,fitnahlah dan kesombongan yg akan didapati.Mencari ilmu bukanlah seperti itu,hati2 batasan haq dan batil sangatlah tipis janganlah terbuai olehnya.Mencari ilmu yg bermanfaat bukan yg mengada2 dan menimbulkan fitnah nantinya.
    Seperti kita sbg manusia,jin akan dimintai pertangunggjawaban atas perbuatannya didunia.wallaahu a'lam...

    BalasHapus
  25. apakah benar Terjadinya pembengkakan Luka yang sulit disembuhkanJeda saat bernafasHilangnya nafsu makanSering mengantuk. Menarik diri dari pergaulan. Gelisah

    8. Tiba-tiba menjadi lupa

    Orang yang akan meninggal dunia juga kerap
    . Bicara yang tidak nyambung. Sesak nafas1. Jadi suka bicara sendiriehilangan kendali sistem organ Tiba-tiba menjadi ingat orang dekat yang sudah meninggal Merasakan dingin yang sangat15. Berbintik-bintik di daerah vena16. Kotoran yang memburuk

    BalasHapus
  26. benar sekali tak ada yang tau kapan kematian itu datang, kalau menurut saya, kalau kita tinjau dari segi bahasanya Arsy (ditanda kematian 40 hari). Arsy ialah singgahsana kalau dilogikakan seperti itu, singgahsana itu milik siapa raja kan??
    dalam artian tempatnya Allah. mana mungkin ada yang berani duduk di singgahsananya Allah, namanya kan tidak beradab, itu yang membuat artikel tentang kematian itu tidak benar...

    BalasHapus
  27. Badanku gemetar.... Gak tau knp... Makanya aku baca artikel tanda" org mau meninggal

    BalasHapus
  28. Badanku gemetar.... Gak tau knp... Makanya aku baca artikel tanda" org mau meninggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gemetar nya setiap saat atau bagaimana

      Hapus
  29. Tidak ada satu ulama pun yg menyebut dalil dari tanda kematian 100 dst.,:tulisan itu bikin banyak org panik aja.

    BalasHapus
  30. Tidak ada satu ulama pun yg menyebut dalil dari tanda kematian 100 dst.,:tulisan itu bikin banyak org panik aja.

    BalasHapus
  31. Adakah yg selalu merasakan pusar nya bergetar tiada henti? Sy selalu terbangun tengah malam dan tanda2 diatas itu selalu muncul sdah seminggu tiada henti. Sy ketakutan apakah ini tandanya yaAllah

    BalasHapus
  32. Mohon balasanya saya mengalami kegalauan sebenarnya apa yg teerjdi dnganku

    BalasHapus